Tutorial/Cara Mengukur Suhu Tubuh Yang Tepat Dan Akurat

Mengukur Suhu Tubuh Yang Tepat Dan Akurat

Suhu tubuh manusia normal berkisar antara 36,5-37,5 derajat Celcius. Namun pada keadaan tertentu, seperti ketika sakit, panas tubuh dapat melonjak tinggi. Dalam kesehatan, pemantauan dan pengukuran suhu tubuh ketika sakit sangat penting, sebab suhu tubuh yang tinggi dapat berakibat fatal.
Keadaan ketika suhu tubuh meningkat disebut dengan demam. Pada keadaan ini, pengukuran suhu tubuh sangat penting untuk menentukan tindakan yang tepat. Dan pengukuran suhu tubuh juga harus tepat dan akurat. Selisih 1 derajat Celcius saja dapat menentukan.
Pengukuran suhu tubuh, paling mudah dengan menggunakan termometer digital. Jenis termometer ini dapat dilakukan di ketiak, mulut dan anus (dubur). Namun pengukuran di tempat yang berbeda, juga memberikan hasil yang berbeda.
Pengukuran di ketiak biasanya kurang tepat dan akuarat. Yang paling tepat adalah di dubur. Namun bila dianggap merepotkan, pengukuran bisa dilakukan lewat mulut. Jika pengukuran di dubur menunjukkan suhu 38 derajat Celcius, pengukuran di mulut biasanya menunjukkan 37,8 derajat dan di ketiak 37,2 derajat Celcius.
Jika telah diketahui suhu tubuh, hal ini dipakai dasar untuk mengambil tindakan selanjutnya. Suhu kritis orang dewasa adalah 39,4 derajat Celcius dan suhu kritis bayi dan anak-anak adalah 38,3 derajat Celcius.
Jika suhu tubuh dewasa lebih dari 39,4 derajat, maka sebaiknya segera dibawa untuk mendapatkan perawatan medis. Sedangkan pada bayi dan anak-anak, suhu di atas 38 derajat Celcius, segeralah diperiksakan kondisinya. Sebab suhu yang tinggi, baik pada bayi, anak-anak maupun dewasa dapat merupakan pertanda penyakit yang serius seperti tipus, demam berdarah dan lain sebagainya.
Namun begitu, kondisi si sakit lebih penting daripada suhu tubuh. Sebab beberapa penyakit serius justru hanya memberikan tanda demam yang tidak tinggi. Karena itu kondisi si sakit jauh lebih penting, apakah lemas, tidak bertenaga, pingsan atau nafas pendek, itu merupakan tanda adanya permasalahan serius dalam kesehatannya.

MENGUKUR SUHU TUBUH

Mengukur suhu tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu yang paling umum adalah dengan melakukan pengukuran di ketiak, mulut dan dubur. Termometer yang digunakan,sebaiknya termometer digital (elektronik) untuk memberikan hasil yang tepat dan akurat.

MENGUKUR SUHU TUBUH DI BAWAH KETIAK

Pengukuran suhu tubuh yang paling umum dan mudah adalah di ketiak. Langkah pengukuran sebagai berikut:
  • Ujung termometer dibersihkan.
  • Letakkan ujung termometer di ketiak, dan jepit dengan erat.
  • Tahan termometer hingga berbunyi.
  • Termometer dikeluarkan dan baca hasilnya.
  • Bersihkan termometer.

MENGUKUR SUHU TUBUH LEWAT MULUT

Mengukur suhu tubuh yang paling mudah dan memberikan hasil yang cukup akurat adalah melalui mulut. Untuk mengukur suhu tubuh ini dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
  • Ujung termometer dibersihkan.
  • Masukkan ujung termometer ke bawah lidah.
  • Tahan termometer dalam mulut minimal 1 menit, atau sampai termometer berbunyi.
  • Keluarkan termometer dan baca hasilnya.
  • Bersihkan termometer kembali.

MENGUKUR SUHU TUBUH LEWAT DUBUR

suhu tubuhTempat lain untuk mengukur suhu tubuh adalah di dubur. Namun pengukuran di tempat ini cukup merepotkan, terutama pada bayi atau anak-anak. Langkah pengukuran pada bayi/anak-anak dilakukan sebagai berikut:
  • Oleskan pelumas (Aquagel) pada ujung termometer.
  • Tengkurapkan atau telentangkan bayi di pangkuan.
  • Masukkan 1,5-2,5 cm ujung termometer ke dalam dubur dengan hati-hati.
  • Tahan posisi tersebut hingga termometer berbunyi. Posisi bayi harus ditahan idak bergerak, sebab jika bergerak, dapat menyebabkan termometer masuk lebih dalam dan menyebabkan luka.
  • Keluarkan termometer dan baca hasilnya.

0 Response to "Tutorial/Cara Mengukur Suhu Tubuh Yang Tepat Dan Akurat"

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Total Pengunjung Hari Ini

My Blog List

LIKE DAN COMENT YAH dan Juga Bantu Share ke Temen Yang Lain
Advertise
300x250
Here

Ads by Seocips.com

Menu

Kategori